Membuat Web

Perangkat Lunak Terbaik untuk Membuat Web Design
Di balik pembuatan sebuah website, ternyata dibutuhkan beragam keahlian yang mempunyai keunikan masing-masing. Apalagi untuk membangun sebuah web profesional, dibutuhkan profesi khusus sesuai bidangnya. Salah satunya adalah perancangan web (web design).

Setiap kali Anda ingin membuat suatu proyek, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat rancangan yang biasa disebut mockup atau prototyping dari proyek tersebut. Maka dari itu, Anda membutuhkan tool web design terbaik untuk membantu merancang prototipe desain baru yang sedang dikerjakan.

Seorang web designer bertanggung jawab atas konten web yang ditampilkan, khususnya untuk keperluan mempercantik tampilan website. Berikut beberapa perangkat lunak (software) terbaik untuk web design yang bisa Anda andalkan.

url

1. Invision

Prototyping tools Invision ini memungkinkan Anda mengubah desain menjadi prototipe interaktif, bahkan termasuk transisi dan animasi. Alat ini juga meliputi real-time desain dan kolaborasi yang mempunyai kemampuan sebagai kontrol dan sinkronisasi, sehingga membuat tools ini menjadi multi-faceted yang sangat cocok untuk sejumlah kebutuhan desainer. Anda bisa memeriksa desain secara menyeluruh untuk semua jenis layar dan semua itu benar-benar gratis.

2. Pidoco

pidoco_usability_suite_for_mobile_tangible_ux

Prototyping tools Pidoco adalah aplikasi berbasis web untuk merancang sebuah prototipe antarmuka sebuah website, interaktif wireframe, aplikasi mobile, dan enterprise. Pidoco memberi kemudahan untuk pengguna dengan fitur drag and drop, fitur kolaborasi, dan berbagi hasil rancangan secara cerdas untuk klien atau kolega. Pengaturan dalam Pidoco bisa dikatakan sangat fleksibel untuk digunakan dalam membuat maupun memanipulasi desain.

3. Proto.io

Proto.io adalah aplikasi berbasis web yang sangat bagus untuk membuat prototipe desain karena dilengkapi banyak fitur. Anda bisa bekerja hanya dengan drag and drop menggunakan aplikasi ini, dan ini yang paling mudah untuk digunakan. Aplikasi ini berbasis web, namun Anda juga bisa menggunakannya di iOS dan Android.

4. WebFlow

Membuat tampilan website di WebFlow jauh lebih mudah, tidak perlu kemampuan coding. Cukup klik, atau drag and drop, untuk membuat tampilan website sesuai keinginan Anda dan responsif. Fitur-fiturnya memang luar biasa, sebenarnya software ini tidak direkomendasikan untuk pemula. Namun, buat Anda yang mau belajar dan kebingungan mulai dari mana, WebFlow menyediakan template standar yang bisa Anda edit sesuka hati.

5. PowerMockup

PowerMockup adalah mockup tools yang berupa add-on dalam Microsoft PowerPoint. Setelah Anda install,tools ini akan jadi fungsi tambahan di dalam PowerPoint itu sendiri. Jika tadinya PowerPoint hanya digunakan untuk membuat presentasi, sekarang Anda dapat membuat mockup di dalam PowerPoint semudah membuat file presentasi di PowerPoint. Anda hanya perlu drag and drop komponen yang Anda inginkan di mockup project.

6. LucidChart

lucidchart-1200px

LucidChart adalah missing link dalam produktivitas suite online. LucidChart memungkinkan Anda untuk membuat, berkolaborasi, dan mempublikasikanflowchart (diagram alir) yang menarik dan diagram lainnya untuk keperluan web design dari aplikasi berbasis web. Anda pun dapat membuat prototipe setingkat profesional untuk desain web walaupun kemampuan coding pas-pasan.

7. HotGloo

HotGloo adalah aplikasi berbasis web yang dirancang untuk membuat wireframe online yang fungsional pada sebuah proyek website. Dengan tampilan antarmuka yang user-friendly, Anda dapat membuat dan berbagi wireframe dengan cepat. Ada pula fitur kolaborasi real-time dan berbagi output dengan klien secara langsung. pur/R-1

projects

Belajar secara Gratis

Belajar memang tidak ada habisnya. Apalagi, adanya Internet, Anda dapat dengan mudah mengulik sebuah ilmu sesuai keinginan. Berikut sejumlah situs belajar web design gratis yang bisa Anda kunjungi.

1. Don’t Fear The Internet

Web design gratis satu ini ditujukan untuk orang-orang yang bergelut di dunia industri seni seperti desainer dan fotografer. Sehingga, situs ini mengajarkan bagaimana caranya untuk membuat web design yang berkualitas bagus sebagai profesional.

2. Learn Layout

Jika Anda ingin kursus web design online gratis untuk menambah wawasan dan pengetahuan ke tingkat yang lebih tinggi, Anda wajib mengunjungi situs Learn Layout. Di sini, Anda akan belajar tentang CSS, HTML, dan lain sebagainya. Namun, pembelajaran di sini tidak akan fokus membahas dasar.

3. Code School

Berbeda dengan Learn Layout, Code School merupakan sebuah situs belajar web design gratis yang memfokuskan pembelajarannya untuk orang-orang yang sebelumnya tidak memiliki passion di bidang web design. Belajar web design gratis di sini sangat mudah. Situs ini juga menyediakan game dan themes agar tidak terlalu pusing saat sedang belajar.

4. Dash General Assembly

Jika Anda suka belajar web design gratis secara online dengan menggunakan metode cerita, maka Dash General Assembly adalah situs yang tepat. Di sini, Anda akan belajar tentang JavaScript, HTML, dan CSS. Dengan belajar web design gratis di Dash General Assembly, Anda akan ditunjukkan konsep-konsep sederhana yang akan membuat situs Anda terlihat semakin nyentrik dan estetis.

5. Channel 9 Web Development

Kalau Anda pemula dalam bidang web design, Anda bisa mengunjungi situs belajar web design gratis Channel 9 Web Development. Pasalnya, web ini memang ditujukan untuk orang-orang yang tidak memiliki pengalaman sedikitpun dengan web design atau bidang pemrograman apa pun. Anda bisa melihat beragam video untuk memperhatikan langkah-langkah dalam pembuatan web design.

6. Aquent Gymnasium

Situs ini akan memberikan pelajaran tentang teknik responsif desain, front end web design, CSS, UX design, serta HTML. Selain itu, Anda juga bisa sharing pengetahuan bersama web designer lainnya pada situs ini.

7. Alison’s Web Development

Ketika Anda belajar web design, Anda ingin segera membuat website yang dapat terbentuk dengan sempurna dan berguna untuk banyak orang. Nah, Alison’s Web Development dapat memberikan solusi tepat untuk Anda. Karena di sini, Anda akan kursus web design online gratis mencakup HTML, Adobe Dreamweaver, dan CSS.

8. Webmaking 101

Jika Anda ingin belajar membuat website / web design gratis hanya untuk pemahaman dasar, Anda wajib datang ke Webmaking 101. Karena di sini, Anda hanya akan belajar mengenai dasar-dasar web design tidak secara mendalam.

9. Code Avengers

Code Avengers merupakan situs yang memberikan beragam pelajaran dasar hingga ke embedding serta merancang JavaScript hingga menciptakan aplikasi online. 10. The New Boston Belajar di The New Boston, Anda akan mempelajari CSS3 dan HTML5 melalui 53 video yang tersaji. Bahkan juga akan mempelajari kustom animasi, elemen, transisi, video, hingga modelling.

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *