Layanan sedot WC

BEKASI. Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengoperasionalkan layanan sedot wc berbasis aplikasi yang digagas oleh Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengolahan Air Limbah Domestik Kota Bekasi. Dengan aplikasi online ini, warga Bekasi cukup sentuh smartphone untuk mendapatkan layanan sedot tinja.

“Melalui pengoperasian aplikasi tersebut, masyarakat mendapat kemudahan pelayanan sedot tinja yang sesuai standar,” kata Pelaksana Teknis Kepala UPTD PALD Kota Bekasi Andrea Sucipto, Senin (26/12).

Andrea mengatakan, pengoperasian aplikasi online tersebut merupakan bagian dari implementasi Program Sanitasi Berbasis Teknologi. “Kota besar yang ditinggali penduduk dalam jumlah besar dan dihadapkan pada permasalahan keterbatasan lahan, bisa menyelesaikan persoalan yang dihadapi dengan solusi teknologi. Termasuk permasalahan sanitasi ini, sehingga kami gagas Prosanti yang salah satu bentuk programnya berupa pengoperasian aplikasi online,” katanya.

Aplikasi dengan platform Android yang dapat diakses melalui Play Store dengan nama L2T2 di telepon pintar milik masyarakat. Sekali sentuh, admin akan mendelegasikan pemesanan kepada operator swasta yang sudah bekerja sama dengan Pemkot Bekasi.

Konsumen tak perlu mengkhawatirkan pelayanan operator yang datang karena UPTD PALD telah memastikan rekanannya dapat bekerja sesuai standar yang ditetapkan. Tarifnya pun tak perlu dicermaskan karena sesuai Peraturan Daerah nomor 9 tahun 2012 tentang Retribusi Daerah.

Konsumen swasta, toko, rumah sakit, dan usaha lainnya dibebani tarif Rp 150.000, rumah real estate Rp 100.000, rumah menengah Rp 70.000, rumah tinggal lain Rp 50.000, serta asrama, kantor pemerintah, lembaga pendidikan juga sosial sebesar Rp 75.000.

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *