Kiat Jitu Mendesain Website yang Baik

Desain web yang buruk bisa memengaruhi penjualan online. Itu benar—desain web adalah faktor penting dalam perihal kepercayaan pelanggan pada situsmu dan faktor penentu durasi seseorang menghabiskan waktu dalam sebuah website. Dua faktor tersebut jika tidak berjalan sesuai rencana bisa menurunkan penjualan. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat desain web stay on track.

Desain Simpel

Pernahkah kamu merasa bingung saat tak kunjung menemukan barang/jasa yang dibutuhkan ketika membuka website? Calon pelangganmu bisa saja merasakan hal yang sama jika kamu mendesain webmu terlalu kompleks. Penting untuk membuat situsmu didesain dengan navigasi yang simpel untuk mengeksplorasi isi web, dengan menu yang simpel, mudah digunakan dan ditemukan.

Selalu Up-to-Date

Jika websitemu nampak seperti didesain 15 tahu lalu, ini tentu akan menjauhkanmu dari calon pelanggan potensial dan klien. Dengan begitu kamu seolah menunjukkan bahwa kamu tidak cukup peduli dengan tren dan insight terbaru di luar sana dan ini sebagai sinyal, meskipun sama sekali tidak benar, bahwa kamu tidak peduli dengan pelangganmu.

Mobile Friendly

Saat ini ada banyak, banyak, dan banyak lagi orang yang membuka website malalui perangkat mobile mereka—termasuk smartphones dan tablet—untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan. Apakah desain webmu sudah responsif saat dibuka melalui mobile? Jika belum, bukan tidak mungkin kamu kehilangan calon pelanggan potensial dan kalah penjualannya dari kompetitor yang memiliki situs yang mobile responsive.

Cara yang paling efektif adalah dengan menambahkan versi mobile dari situsmu ke desain webnya. Sah-sah saja jika kamu ingin mengerjakannya sendiri, tapi sebaiknya biarkan ahlinya yang melakukan hal ini untukmu. Percayalah bahwa desain web mobile akan terus bertambah penting seiring dengan website mobile yang terus bertumbuh.

Waktu Loading

Seberapa lama situsmu dimuat saat ada visitor yang mencoba membukanya? Bahkan sekedipan mata saja masih terasa lama bagi beberapa orang. Jika situsmu loadingnya lambat, kamu akan terancam kehilangan pelanggan, karena mereka akan segera menekan tombol “back” bahkan sebelum mereka lihat apa yang kamu tawarkan.

Agar websitemu loadingnya cepat, kamu perlu memastikan bahwa informasi yang terkandung dalaman halaman situsmu tidak terlalu banyak. Terlalu banyak gambar/foto, video, dll., akan menyebabkan loading situsmu sangat lambat. Jika kamu bisa mengurangi beberapa media, atau bahkan membuat situsmu menjadi lebih kecil, maka akan bisa dimuat dengan jauh lebih cepat.

Web hosting juga bisa membuat perubahan dalam waktu muat situs. Jika web servernya tidak bagus, biasanya loading situsnya juga akan lambat, dan jika kamu menggunakan semua bandwidth situsmu malah tidak akan loading sama sekali.

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *