Kiat Jitu Membeli Domain

Untuk sahabat yang akan membuat website atau juga akan membuat toko online, Domain bisa diibaratkan sebagai nama dari sebuah usaha/brand/bisnis kita. Karena itu, domain merupakan identitas dan aset yang sangat penting bagi sebuah website atau blog. Namun, bagi sebagian orang membeli domain yang tepat mungkin bisa menjadi pekerjaan yang sulit. Berikut kami akan memberikan tips sederhana bagaimana membeli domain yang aman. ayo buat website dengan jasa pembuatan web

1. Pilih registrar yang terpercaya
Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membeli domain adalah registrar atau perusahaan penyedia domain. Pilihlah registrar yang telah berpengalaman, terpercaya dan memiliki reputasi baik. Selain itu pastikan perusahaan tersebut memiliki alamat fisik yang jelas. Untuk registrar lokal, ada banyak sekali pilihan yang dapat kita gunakan. Salah satunya adalah IDwebhost penyedia domain murah terbaik di Indonesia.

2. Memiliki dukungan teknis dan layanan pelanggan
Dukungan teknis dan layanan pelanggan yang baik selama 24 jam melalui email dan telepon merupakan sebuah keharusan. Pastikan penyedia domain yang kita pilih memiliki dukungan pelanggan yang ramah sehingga dapat memberikan bantuan dan solusi ketika terjadi masalah.

3. Jangan tergiur harga murah
Domain murah memang menjadi incaran para blogger. Tapi, kita tetap harus berhati-hati untuk tidak mudah tergiur dengan harga domain yang terlalu murah. Jangan sampai kita terjebak pada harga yang murah, tapi justru mendapatkan fitur dan pelayanan yang kurang. Jika perlu, tanyakan terlebih dahulu berapa biaya perpanjangan untuk tahun berikutnya, karena biasanya promo domain murah hanya berlaku untuk tahun pertama.

4. Domain management
Domain management merupakan salah satu faktor penting ketika kita ingin membeli domain. Pilihlah registrar yang memberikan kita keleluasaan untuk mengkostumisasi domain sendiri. Misalnya memberikan kita akses penuh untuk merubah settingan nameserver, DNS, email, redirect domain, dan lainnya. Untuk mengetahui hal ini kita bisa menghubungi bagian layanan pelanggan dari registrar tersebut.

5. Pilih nama domain yang baik (tidak mengandung SARA, porn, atau merek dagang)
Terakhir adalah menentukan nama domain yang akan kita beli. Untuk pemiihan nama tergantung dari ketersedian nama diregistrar. Ada beberapa tips dalam memilih nama domain yang baik.

  • Pilih nama domain yang mudah dibaca dan diingat
  • Sesuaikan nama domain dengan bisnis/website kita. Usahakan nama domain juga mengandung kata kunci utama kita
  • Jangan memilih nama domain yang terlalu panjang lebih dari 16 karaketer
  • Gunakan TLD (Top Level Domain) yang berekstensi .com, .net, .org, dan lainnya

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *