Iklan Adwords untuk UKM

Saat ini, internet sudah dipandang sebagai kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia. Pada awal 2015 saja, tercatat 88.1 juta pengguna internet di Indonesia. Berdasarkan data dari Puskakom Universitas Indonesia (UI), berkomunikasi melalui sosial media dan mencari informasi produk sebelum berbelanja menjadi dua alasan utama masyarakat Indonesia menggunakan internet.

Fakta ini mendorong banyak brand dan wirausaha untuk mendigitalisasikan bisnis mereka agar mudah ditemukan oleh calon pelanggan, mulai dari penggunaan media sosial untuk promosi, web, hingga Google Adwords.

Menurut Digital Marketing Stategist bDigital Indonesia, Renatha Warsito, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (5/4), berbeda dari media sosial dan web yang sudah sering terdengar di telinga masyarakat, Google Adwords belum begitu dekat dengan masyarakat awam di Indonesia. Padahal, cara ini adalah salah satu cara yang paling efektif dalam menjangkau pelanggan secara online. Selain itu, biayanya pun terbilang murah karena bisa disesuaikan dengan bujet usaha kecil menengah (UKM).

Cara kerja iklan adwords yang ditawarkan oleh mesin pencari yang paling populer di dunia ini pun sangat sederhana, yaitu dengan memanfaatkan kata kunci (keyword). Saat calon pelanggan mencari informasi mengenai produk ataupun jasa tertentu melalui Google, maka hasil pencarian pun akan menampilkan iklan yang memang berhubungan dengan pencarian tersebut. Dengan begitu, orang yang menemukan iklan tersebut adalah orang yang benar-benar sedang mencari informasi tentang produk atau jasa tertentu, sehingga kemungkinan untuk membeli pun lebih besar.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan Google Adwords:

1. Target Berdasarkan Lokasi
Fitur ini memungkinkan pengiklan untuk memilih di lokasi mana iklan ingin ditampilkan sehingga iklan tidak ditampilkan pada lokasi yang memang tidak perlu. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan performa dan penghematan bujet iklan.

2. Hasil yang Terukur
Berbeda dari cara beriklan tradisional, dengan Google Adwords, pengiklan dapat mengukur tingkat kesuksesan iklan. Berbagai detail pun ditampilkan, mulai dari jumlah impression (berapa kali iklan tampil pada laman pencarian Google) dan jumlah klik yang didapatkan.

3. Harga yang Efektif
Salah satu keunggulan utama Adwords adalah harganya yang efektif. Biaya yang diperlukan untuk beriklan dengan Google Adwords amatlah bervariasi tergantung dengan bujet yang dimiliki pengiklan. Pengiklan pun dapat menentukan harga yang ingin dibayar untuk setiap hasil yang didapatkan, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 100.000 per klik. Bahkan, dengan bantuan ahli di bidang adwords, kampanye dapat dioptimalkan sehingga biaya per klik dapat menurun dari waktu ke waktu. Pengiklan dapat menaikkan traffic tanpa harus menaikkan bujet.

4. Bujet Terkontrol
Selain harga yang murah, dengan Google Adwords, pengiklan juga dapat memantau bagaimana setiap rupiah dikeluarkan dan apa yang didapatkan dari bujet tersebut. Misalnya banyaknya telepon dari calon pelanggan, seberapa banyak orang yang melihat iklan tersebut, jumlah klik pada web, dan sebagainya.

5. Peringkat Pertama pada Laman Pencarian Google
Sebanyak 92 persen pengguna Google tidak pernah melakukan klik pada lebih dari 10 halaman pertama. Hal ini membuat banyak wirausaha berlomba-lomba untuk mendapatkan tempat pada halaman pertama. Sayangnya, mendapatkan tempat pada laman pertama pencarian Google tanpa beriklan dapat memakan waktu berbulan-bulan. Namun, dengan Google Adwords, pengiklan pun dapat langsung mendapatkan tempat pada laman pertama.

Dengan banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan, bukan berarti pengiklan dapat memasang iklan lalu meninggalkan iklannya begitu saja.

“Karena cara kerjanya yang real-time, Iklan Google Adwords memang membutuhkan pemantauan terus-menerus oleh seorang ahli adwords untuk hasil yang maksimal,” kata Renatha.

Investasi dalam merekrut ahli adwords ini dipandangnya sebagai suatu kebutuhan, mengingat banyaknya calon pelanggan yang bisa dijaring melalui internet

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *