Cara agar Akses Website Menjadi Cepat

Pernahkah Anda mengakses sebuah Website tetapi Website tersebut sangat lambat? Bahkan konten Website tidak tampak secara keseluruhan karena sangat lambat. Tentunya hal ini membuat pengunjung Website kesal atau tidak ingin mengakses Website itu lagi. Padahal first impression pengunjung tentang Website berawal dari kecepatan Website itu sendiri. Bagi Anda para Web Developer, ayo simak beberapa tips & trik agar Website Anda dapat diakses dengan kecepatan tinggi oleh pengunjung :

1. Gunakan Hosting Terbaik dengan Kecepatan Tinggi
Beberapa Web Developer terkadang menyampingkan spesifikasi server karena tergiur penawaran Hosting yang murah. Padahal kualitas Hosting yang murah belum tentu sesuai dengan kebutuhan Website yang akan di develop. Pilihlah Hosting dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Website Anda agar Website Anda nyaman diakses oleh pengunjung mana pun. Perhatikan jumlah Memory RAM dan Bandwidth yang akan Anda gunakan,

2. Pasang Plugin Cache Ketika Website Sudah Live
Plugin Cache dapat membantu meringankan beban load dari server karena plugin ini akan menghasilkan file HTML yang statis.

3. Resize Ukuran Gambar
Ukuran gambar yang terlalu besar akan memperlambat kerja server. Jika Anda ingin ukuran gambar Anda tetap sesuai dengan design Website Anda dan bytes gambar tetap kecil, maka gunakan dpi yang paling kecil dan simpanlah gambar tersebut dengan pilihan “Save for Web”. Hal ini akan meringankan kerja server untuk memuat gambar tersebut.

4. Bersihkan Plugin dan Widget
Plugin dan Widget yang Anda gunakan pada Website Anda akan berpengaruh dengan kecepatan akses Website Anda. Hapuslah Plugin yang tidak digunakan dan pilihlah Widget yang memang ringan. Hindari penggunaan widget dengan javascript dan widget archive.

5. Melakukan Optimasi Halaman Beranda
Halaman beranda merupakan halaman utama ketika pengunjung mengunjungi Website Anda. Pastikan halaman ini ringan dan dapat dimuat dengan cepat. Tampilkan konten-konten utama saja dan jangan berikan deskripsi yang terlalu mendetail agar tidak membebani kerja server.

6. Maksimalkan Kerja Database, HTAccess dan Script
Seperti yang Anda ketahui, Database Anda bisa saja dipenuhi dengan spam, trash ataupun posting yang tidak digunakan. Bersihkan database Anda untuk meringankan kerja server. Selain itu, HTAccess Anda juga perlu dikompres pada semua HTTP request sehingga akan mengurangi ukuran file download di Website Anda. Script-script yang Anda gunakan sebaiknya script yang ringan untuk diakses dan hapuslah script yang belum difungsikan dalam Website Anda.

This entry was posted in Notes. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *